Setelah Tantangan ini Selesai?

15 Sep 2013

Sebenarnya tidak terlalu istimewa bagi saya dapat terus-terusan ngeblog selama satu bulan tanpa henti. Sebab di awal berdirinya blog Seru Jadi Guru ini, tiga bulan pertama saya mampu ngeblog tanpa putus setiap harinya. Bahkan pernah tembus rekor, dalam sehari saya pernah posting 6 tulisan dari pagi hingga menjelang malam.

Tapi setelah itu, seiring dengan kesibukan yang makin menjadi-jadi (ini hanya alasan karena bukan kesibukan yang makin menggila tapi rasa malas yang makin meraja). Akhirnya, postingan di blog saya ini tidak setiap hari, seminggu biasanya tiga hingga empat tulisan yang masuk. Makin ke sini, intensitas postingan makin menurun jadi seminggu sekali, makin ke sini lagi makin berkurang. Hingga pernah berbulan-bulan tidak ada tulisan baru. Bukannya tak sempat, namun rasa malas yang makin merapat.

Bergabung dengan beberapa komunitas, saya pikir akan membuat rajin untuk membuat tulisan baru. Tapi aktivitas kopdar nyatanya menjadi candu dan membuat saya lupa akan makna blogger sesungguhnya yakni menuliskan konten positif bukan sekedar rajin kopdar.

Tahun 2012 dan 2013, blog saya masih stabil dengan postingan yang nongol sebulan sekali atau dua bulan sekali. Kalau dulu jarang postingan selalu ditanya teman-teman blogger yang rajin blogwaling, jika sekarang nyaris tidak ada. Postingan yang saya buat pun lebih ke arah tulisan untuk lomba atau review produk tertentu. Sehingga, saya merasakan hampa (jiaahh), ada semacam kekosongan di blog saya. Semacam semangat yang hilang, motivasi yang makin merenggang (jiaah kayak bahasa Vikiisme ha..ha..).

Saat tantangan 30 Hari Nonstop Ngeblog digelar oleh komunitas Detik Blogger (Dblogger) dan blogdetik. Saya langsung tertantang untuk ikutan. Bukan hadiah yang jadi tujuan utama, tapi lebih ke arah pembuktian bahwa saya masih seorang blogger yang tak hanya aktif ikutan kopdar tapi juga masih aktif menulis.

Terbukti kan, 30 hari dilalui dengan selalu menuliskan tulisan-tulisan positif di blog ini, mulai dari tulisan tentang pendidikan (sesuai dengan tema blog) hingga tulisan mengenai berkebun, buku, musik dan keseharian. Satu fakta yang juga saya buktikan, ternyata untuk menyelesaikan satu postingan, saya membutuhkan waktu paling cepat 20 menit untuk tulisan yang tak terlalu panjang. Dan butuh waktu hingga satu jam untuk tulisan yang cukup panjang (dua hingga tiga halaman).

Setelah tantangan ini selesai? Harusnya, saya dapat kembali konsisten dan tetap bangga menyematkan diri sebagai blogger. Yakni blogger yang masih konsisten menulis. Saya pasti bisa. Ganbatte! :)


TAGS 30 Hari Nonstop Ngeblog


-

Author

Follow Me