Weekend yang Produktif dan Menyenangkan

7 Sep 2013

Weekend adalah hari yang ditunggu-tunggu hampir semua orang yang memiliki rutinitas bekerja maupun sekolah. Meskipun di hari Sabtu masih ada yang bekerja atau masuk sekolah namun setidaknya ada satu hari liburan.

Saat weekend itulah, saatnya kita untuk mencharger tubuh setelah 5 hari diporsir untuk bekerja. Walaupun menjadi guru tidak terlalu menghabiskan energi (karena seru dan menyenangkan), namun weekend adalah waktu untuk melakukan sesuatu di luar rutinitas.

Tapi bukan berarti karena weekend, kegiatan yang dilakukan kebanyakan bermalas-malasan. Ya, menambah waktu tidur sih boleh-boleh saja tapi tidak berlebihan juga. Atau jangan mentang-mentang weekend, tidak ada kegiatan yang dilakukan.

Karena weekend adalah melakukan kegiatan di luar rutinitas, ada beberapa kegiatan yang saya lakukan. Biasanya, saat weekend, saatnya beres-beres rumah. Apalagi tiada asisten rumah tangga (juga ibu rumah tangganya). Mencuci dan membersihkan rumah biasanya menjadi kegiatan perdana.

Selain beres-beres, kegiatan lainnya adalah memasak makanan favorit. Atau mencoba resep-resep baru. Kalau lagi malas, biasanya kuliner di luar jadi pilihan. Belum lagi, Bogor adalah salah satu tujuan wisata kuliner di Indonesia. Tapi, kegiatan kuliner tidak terlalu sering dilakukan mengingat macetnya Bogor saat weekend.

Selain memasak atau kulineran, ketika weekend adalah saatnya baca buku kesukaan. Biasanya saya baca buku novel atau sastra (ehem :) ), biasanya juga baca buku-buku pendidikan atau majalah kesehatan. Ditemani teh hangat, kegiatan membaca menjadi kegiatan bermanfaat dan menyenangkan.

Menonton film atau televisi juga menjadi kegiatan yang banyak saya lakukan. Acara televisi seperti talkshow, acara memasak/kuliner, sampai film televisi (FTV) menjadi pilihan utama. Kalau film, biasanya film-film yang tak sempat saya tonton di bioskop saya cari atau sewa DVDnya. Bisa juga film-film berkualitas yang dapat menjadi referensi cerita untuk tulisan-tulisan saya.

Kegiatan weekend lain yang kerap saya lakukan dan sering dilakukan dan senang untuk dilakukan adalah berkebun di rumah. Sekedar mencabut rumput, menyiram atau menanam beberapa bibit tanaman adalah kegiatan berkebun yang ringan dan menyenangkan. Hasilnya, selain rumah kita segar karena dedaunan yang hijau, ketersediaan sayuran tetap terjaga (jadi menghemat pengeluaran juga).

Weekend bukan berarti harus berada di rumah. Acara-acara blogger atau seminar-seminar pendidikan biasanya dilaksanakan di hari Sabtu dan Minggu. Kegiatan tersebut selain tentunya menambah wawasan ilmu pengetahuan, juga menambah jaringan pertemanan.

Weekend adalah hari yang menyenangkan, waktu yang banyak akan lebih baik dan menyenangkan jika diisi kegiatan yang bermanfaat dan produktif.


TAGS 30 Hari Nonstop Ngeblog Seru Jadi Guru Weekend


-

Author

Follow Me